Rabu, 06 Juli 2011

Cara Rumah Rapih Hemat Tenaga

Menjelang lebaran biasanya pembantu rumah tangga Anda akan meninggalkan Anda yang mungkin sudah terbiasa dengan bantuannya dalam memastikan rumah rapi dan bersih. Jangan kuatir, Anda sendiri pun bisa merapikan rumah Anda!
Pekerjaan rumah tangga begitu banyaknya, Anda harus pandai menghemat tenaga agar tidak kelelahan dan akhirnya frustasi karena tumpukan pakaian kotor, setrikaan dan lain-lain yang tidak lagi mampu Anda selesaikan karena capek.

Tips berikut membantu Anda untuk tetap santai dan terorganisir dalam membereskan pekerjaan rumah tangga:
·         Ketika berbelanja, bagilah belanjaan Anda dalam beberapa tas kecil daripada mengangkat satu tas besar dengan satu tangan. Perkecualian bila di tempat Anda berbelanja ada petugas yang siap membantu. Mintalah belanjaan anda ditempatkan dalam satu kardus besar. Akan memudahkan Anda bila belum sempat membongkar belanjaan maka akan tetap tersimpan rapi dalam kardus tersebut. Pastikan Anda tidak menyimpan bahan makanan yang cepat basi bila anda bermaksud untuk menyimpannya.
·         Jangan suka menunda-nunda pekerjaan. Mulailah lebih awal dan rencanakan perkerjaan mana yang harus dikerjakan lebih dahulu. Anda akan merasa lebih stress bila tahu tugas belum selesai sementara satu hari telah berlalu.
·         Gunakan alat pengepel, pembersih debu dan sikat yang bertangkai cukup panjang daripada yang melengkung atau yang tidak memiliki pegangan.
·         Menyetrika, mencuci pakaian, memotong-motong sayuran dan membersihkan piring lebih baik dilakukan sambil duduk daripada berdiri.
·         Dengarkan musik kesukaan Anda saat sedang melakukan pekerjaan rumah tangga sehingga tugas itu terasa lebih ringan.
·         Istirahatlah sesekali selama hanya 5 menit untuk membuat energi Anda pulih kembali. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar