Rabu, 06 Juli 2011

Tips Mendesain Dapur


Bagi sebagian besar orang, dapur merupakan urat nadi rumah tangga. Segala aktivitas kerumah tanggaan berpusat disitu. Tak jarang Anda pun menerima tamu dekat keluarga di situ. Nah, tahukah Anda bagaimana mendesain dapur sehingga menjadi ruangan yang nyaman?
Sesuaikan luas dapur dengan area yang ada. Tak perlu luas, yang penting bersih dan nyaman.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain dapur Anda adalah sebagai berikut:
Pencahayaan dan Sirkulasi Udara. Penempatan dapur di dekat ruang terbuka sangat baik untuk sirkulasi udara. Segala bau dari hasil kreasi masak Anda dapat langsung mengalir keluar. Bila letak dapur Anda jauh dari ruang terbuka, Anda dapat menggunakan exhaust fan atau cooker hood. Cahaya matahari yang cukup sangat diperlukan untuk dapat membunuh kuman atau bakteri. Atau plafon/atap dapat dibuat transparan sehingga cahaya matahari tetap dapat menerangi dapur Anda.
Pemilihan Material Dapur. Pilihlah dari bahan yang tahan uap dan panas. Untuk dinding, Anda dapat menggunakan keramik. Selain harganya relatif murah, perawatannya pun mudah. Tapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan motifnya. Jangan sampai dinding dapur Anda menjadi sarang kotoran, debu dan bekas minyak karena pemilihan motif keramik yang rumit.
Kitchen Set. Dalam menentukan kitchen set, pilihlah yang berbahan dasar plywood. Kuat dan gampang dibersihkan. Tapi bila budget Anda cukup, Anda dapat memilih kitchen set yang berbahan alumunium atau stainless steel. Yang perlu diingat adalah sesuaikan design kitchen set Anda dengan konsep dapur dan rumah yang Anda inginkan. Keselarasan tetap harus dijaga.
Kebersihan. Kesehatan keluarga adalah yang utama. Apa jadinya bila dapur Anda kotor tak terawat. Pastilah banyak kuman dan bakteri yang dapat mengancam kesehatan seluruh anggota keluarga. Pilihlah tempat sampah yang tertutup dan buanglah secara berkala. Jangan biarkan lalat berpesta pora di dapur Anda.
Untuk mempercantik dapur Anda, letakkan beberapa pajangan di tempat-tempat yang terjangkau sehingga tidak sulit untuk membersihkannya. Dapur Anda pun tampil jelita. Anda pasti betah untuk berlama-lama di dapur cantik Anda, berkreasi untuk keluarga tercinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar